Pengumuman

Bila tidak ada di blog ini, silakan kunjungi hurahura.wordpress.com

Senin, 09 Februari 2009

30 Arca Sunda Kuno Hilang

Views


Bandung - Sebanyak 30 patung yang diduga peninggalan sejarah budaya Sunda kuno telah hilang di Gunung Wayang, perbatasan Kecamatan Pangalengan-Kertasari dan Kabupaten Garut, dalam beberapa tahun belakangan ini.

Pengawas Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Kabupaten Bandung, Asep Deni yang bertugas mengawasi pendidikan dan kebudayaan di sekitar kaki Gunung Wayang-Windu, kepada SH, di Bandung, Jumat (8/8), mengatakan terakhir kali patung tersebut pada tahun 1985 terdata dalam keadaan utuh. "Arca-arca tersebut berkerumun memutar membentuk sebuah lingkaran penuh dengan diameter sekitar 10 meter," jelasnya.

Ternyata pascakebakaran hutan tahun 1985, satu per satu arca itu menghilang. Tahun 2006 lalu, jumlah arca yang masih tersisa empat buah, namun sekarang hanya menyisakan satu buah. Jumlah arca yang hilang bisa dilihat dari jumlah dudukan tempat menyimpan arca yang berjumlah 30 buah.

"Dari 30 arca, sekarang tinggal satu arca dalam kondisi tidak utuh. Kami tidak tahu apakah dicuri atau disimpan warga sekitar Gunung Wayang," tambah Asep. Menurutnya, penduduk sekitar percaya bahwa patung itu menjadi bukti asal mula gunung yang menjulang di wilayah mereka sehingga sekarang diberi nama Gunung Wayang. Lokasi arca-arca tersebut - penduduk setempat menyebutnya titik 30 - tepatnya di pinggir jalan setapak di tengah-tengah hutan menuju puncak gunung.

Arca tersebut terbuat dari batu alam yang dipahat membentuk sebuah wayang dengan tekstur yang kasar. Dilihat dari bentuk badan dan kepalanya, memang seperti bentuk wayang atau tokoh-tokoh Ramayana dan Mahabarata. Tinggi seluruh arca sekitar 75 cm. Asep juga menjelaskan, bentuknya agak mirip dengan patung India. 

Asep mengatakan hingga saat ini belum ada instansi terkait yang datang memeriksa kondisi arca yang dibiarkan terbengkalai itu. 
(saufat endrawan)

(Sumber: Sinar Harapan, Sabtu, 9 Agustus 2008)

Tidak ada komentar:

BUKU-BUKU JURNALISTIK


Kontak Saya

NAMA :
EMAIL :
PERIHAL :
PESAN :
TULIS KODE INI :

Komentar Anda

Langganan Majalah Internasional

Jualan Elektronik